Di Indonesia, Karimun masuk ke dalam pasar mobil kompak dan desainnya yang kokoh. Seri Suzuki Karimun Wagon R yang terbaru sudah dilengkapi dengan grille yang stylish dan garnish belakang dengan model terbaru. Mobil dengan harga yang sangat terjangkau ini juga didesain lebih sporty dengan velg alloy dan bodinya yang aerodinamis.

Suzuki Karimun Wagon R

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R

Performa mesin mobil Suzuki Karimun yang satu ini cukup responsif. Mesin yang digunakan berkapasitas 998 cc dengan tenaga sebesar 67 HP dan torsi maksimum sebesar 90 Nm. Silinder mesin terdiri dari 3 buah dengan 4 katup per silinder. Bagian suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan suspensi belakangnya adalah multi-link.

Mobil menggunakan transmisi manual dengan 5 level kecepatan. Sistem suplai bahan bakarnya menggunakan MPFI yang mampu mengirit bahan bakar. Per liter bensin di jalan perkotaan bisa menempuh hingga 15,4 km, sementara di tol mencapai 21,4 km. Dimesin panjang mobil adalah 3600 mm, lebar 1475 mm, tinggi 1700 mm dan ground clearancenya setinggi 170 mm.

Sisi keamanan mobil ini sudah hampir setara dengan Suzuki Ertiga karena terdapat airbag untuk penumpang bagian depan. Selain itu, mobil juga dilengkapi child safety locks, crash sensor, dan pelindung benturan samping. Sementara dari sisi keamanan, mobil hanya dilengkapi dengan perangkat anti maling dan immobilizer.

Interior Suzuki Karimun Wagon R

Dashboard dan trim pintu mobil terbuat dari bahan yang full plastik, begitu juga dengan kemudinya. Warna interior terdiri dari dua aksen yaitu hitam dan beige. Stir mobil masih beersifat fix dengan 3 palang, tanpa airbag maupun audio steering switch. Di belakang kemudi ada tachometer, speedometer dan latar warna untuk pemberitahuan gear shift berwarna oranye.

Sistem hiburan mobil masih berupa 1DIN dengan beberapa fitur seperti pemutar CD, radio, soket USB, dan juga speaker. Kisi AC masih dikendalikan dengan cara memutar tuas yang ada di bagian bawah head unit. Bagian kabin atas depan terdapat dua buah sunvisor dengan lampu baca dan sebuah kaca kabin yang belum day night view seperti Suzuki Grand Vitara.

Kapasitas peenumpang mobil hanya 5 orang karena kursi terdiri dari dua baris. Meskipun sudah ada sabuk pengaman hingga ke bagian belakang, tapi headrest hanya terdapat 4 buah dan menyatu dengan kursi. Kursi dilapisi jok warna beige berbahan kain. Sisi belakang adalah bagasi yang luas, namun untuk ruang yang lebih banyak, baris kedua mobil harus dilipat seluruhnya.

Exterior Suzuki Karimun Wagon R

Desain eksterior Karimun yang satu ini sangat khas seperti edisi awal Karimun diluncurkan, yaitu boxy dengan ukuran yang mungil. Bagian depan grillenya hanya terdapat dua garis, garis prtama dengan aksen krom dan garis kdua berwarna hitam. Di tengah garis grille hitam disematkan lambang LCGC, bukan Suzuki mengingat bahwa Wagon R masuk ke dalam kelas low cost.

Lampu utama mobil memiliki bentuk yang mirip dengan belah ketupat. Di tipe GA dan GL, lampunya menggunakan kristal multi reflektor sementara di tipe GS sudah menggunakan LED proyektor. Di bagian lampu senjanya, mobil ini menggunakan mika biru meskipun pantulan lampunya masih berwarna kuning. Tidak ada lampu kabut di tipe GA dan GL, kecuali di tipe GS.

Sisi samping mobil terdapat ban dengan velg yang berdesain 5 palang dan warnanya yang masih single tone. Ukuran ban untuk GL dan GS adalah 175/65 R-14. Bagian atas samping sudah diberikan talang air dengan model slim. Wagon R juga masih memiliki spion manual tanpa tambahan lampu sein. Sementara handle pintu masih bermodel tuas yang ditarik ke atas.

Bagian belakang mobil tampil polos kareena tidak ada defogger, spoileer atas, maupun wiper. Lampu stopnya sudah menggunakan kristal multireflektor dengan desain memanjang ke bawah. Di pintu bagasi ada emblem Suzuki dan sebuah garis beraksen krom. Sisi kiri mobil ada emblem Suzuki Indomobil, sementara di sisi kanan ada emblem Karimun Wagon R.

Harga Suzuki Karimun Wagon R

Seri Wagon R memiliki 4 varian yang berbeda, sehingga hal ini mempengaruhi harganya. Varian mobil Suzuki Karimun Wagon R GA airbag dibanderol dengan harga Rp 115,5 juta. Varian meenengah Karimun yakni GL airbag berada di harga Rp 129 juta. Sementara Karimun dengan varian GS airbag yang menjadi tipe tertinggi dibanderol dengan harga Rp 137,5 juta.

Apabila anda sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan untuk keperluan anda selama berada di Yogyakarta, anda bisa mendapatkannya di berbagai rental mobil Jogja.